Love this so much

Kamis, 11 Februari 2010

TUGAS PRIBADI

INTERNET DI MATA MAHASISWA ;

TUGAS 1

PENGERTIAN INTERNET

Internet dapat dirumuskan sebagai a large collection of computers in networks that are tied together so that many usera can share their vast (William, 1999). Ini berarti bahwa sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi tak terhingga yang dapat diakses siapa saja. Selain itu, internet merupakan alat pembelajaran penting dalam proyek kaya teknologi yang disebut Cooperative Networked Educational Community of Tomorrow (Co-NECT) (Jones, Tasmusmen, & Moffit,1997).

FUNGSI INTERNET

Ada enam fungsi internet yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari menurut Kenji Kitao, yaitu :

1. Fungsi Alat Komunikasi

Internet berfungsi sebagai alat komunikasi karena melalui internet seseorang dapat berkomunikasi dengan orang di belahan dunia lain dengan cepat. Komunikasi ini dapat berupa e-mail, chatting,maupun mailing list.

2. Fungsi Akses Informasi

Melalui internet, seseorang dapat mengetahui informasi yang biasanya di beritakan lewat koran, atau televisi. Tanpa televisi pun, orang dapat menonton acara-acara yang biasa ditayangkan lewat stasiun televisi. Jadi, bagi anda yang tidak memiliki televisi, tidak perlu khawatir akan ketinggalan berita, karena semua kini dapat diakses lewat internet, seperti metrotvnews.com, okezone.com,, tvone.co.id,, kompas.com, tempointeraktif.com, beritanet.com,, dll.

3. Fungsi Pendidikan Dan Pembelajaran

Internet juga dapat membantu peserta didik dalam mencari informasi seputar dunia pendidikan, informasi beasiswa, informasi tentang buku-buku pelajaran, dll. Kehadiran internet juga sangat membantu bagi peserta didik dalam menyelesaikan tugas-tugas berupa paper, makalah, karya ilmiah, dll.

4. Fungsi Tambahan

5. Fungsi Pelengkap

6. Fungsi Pengganti

PENGARUH INTERNET TERHADAP MAHASISWA

Ada banyak faktor yang mempengaruhi dunia pendidikan, salah satunya adalah internet. Bagaimana internet dapat mempengaruhi dunia pendidikan, khususnya mahasiswa ? Apakah pengaruhnya bersifat positif atau negatif ?

Kehadiran internet bukanlah merupakan suatu hal yang asing lagi, apalagi bagi kaum pelajar/peserta didik. Menurut hasil observasi, kebanyakan pengguna internet adalah pelajar. Bagi kebanyakan mahasiswa, termasuk saya sendiri ada anggapan bahwa haram apabila tidak pernah menyentuh internet, tidak peduli apa yang dilakukan lewat internet atau situs apa yang diakses.

Tantangan untuk dapat mengakses internet bukanlah tidak ada. Sampai saat ini, masih banyak orang yang tidak mempunyai sarana internet pribadi di rumahnya. Namun ini terlihat tidak berpengaruh bagi kemauan para mahasiswa untuk mengakses internet karena kehadiran warung internet hampir di segala tempat.

Pengaruh Positif

Kehadiran internet ini tentunya memberikan positif bagi mahasiswa. Seperti yang telah dipaparkan di atas, internet dapat membantu saya sebagai mahasiswa dalam mencari informasi seputar dunia pendidikan. Internet juga membantu saya untuk mencari tambahan bahan kuliah yang tidak saya dapatkan di kampus, mencari bahan untuk karangan ilmiah dan sebagai sunber jawaban atas tugas-tugas melalui situs-situs google, wikipedia,pendidikan.net, edu-articles.com,, pendidikancafe.net,dll.

Saya tidak perlu lagi menghabiskan waktu seharian di perpustakaan untuk mencari buku secara manual, karena hadirnya katalog buku yang tentunya berbasis internet. Yang dibutuhkan hanyalah judul buku atau nama pengarangnya, maka katalog akan memunculkan kode buku yang pastinya memudahkan untuk dicari. Untuk mengetahui informasi seputar buku baru, pemesanan, dan pembelian buku, toko buku bukan lagi tempat yang diprioritaskan sebab semua dapat dipesan lewat internet, seperti melalui situs amartapura.com, serbabuku.com, beli-buku.com, dll.Yang dibutuhkan hanyalah alamat si pembeli, nomor rekening si penjual, dan kepercayaan diantara keduanya. Namun pemesanan buku dalam bentuk buku utuh seperti ini tidak lagi terlalu diminati sebab ada yang lebih canggih dan lebih simpel, yaitu e-book. Prosedur pemesananya hampir sama dengan pemesanan buku secara utuh, namun dalam hal ini yang dubutuhkan si penjual adalah alamat e-mail si pembeli bukan alamat rumah. E-book juga memiliki kelebihan yaitu bisa dipinjam. Seperti yang saya dan kakak saya lakukan, kami meminjam novel Sherlock Holmes dan ovel-novel karangan Agatha Christy. Namun peminjaman e-book ini juga memiliki kekurangan, yaitu pada saat tertentu e-book nya tidak bisa dibuka lagi karena waktu peminjamannya sudah berakhir.

Internet dapat juga membantu saya untuk mencari informasi seputar beasiswa, seperti melalui situs beasiswaterbaru.wordpress,, rumahbeasiswa.com, beasiswas.blogspot.com, walaupun sampai saat ini saya belum pernah mendapatkan beasiswa melalui informasi dari internet.

Pengaruh Negatif

Setiap hal pastinya memiliki sisi positif dan juga negatif, demikian juga dengan internet. Tidak semua situs internet bersifat mendidik. Ada beberapa situs juga yang merupakan situs terlarang, khususnya bagi mahasiswa dan kaum muda. Situs-situs ini berisi hal-hal negatif yang dapat merusak moral anak bangsa.

Namun, tidak hanya situs-situs terlarang ini yang membawa pengaruh negatif bagi mahasiswa khususnya. Ada beberapa situs yang akhirnya disalahgunakan, seperti facebook, friendster, twitter, dll. Situs-situs ini sebenarnya dirancang untuk mempermudah komunikasi, membangun persahabatan dengan orang-orang di seluruh dunia, dan juga membangun kreativitas, bukan untuk merusak moral anak bangsa.

Lebih spesifik lagi, bagaimana facebook dapat merusak moral ?

Sebenarnya situs ini tidak merusak moral, namun penggunanyanyalah yang akhirnya merusak moralnya sendiri dengan media yang ada. Seringkali saya menghabiskan hampir seluruh waktu luang untuk mengutakatik facebook. Tugas-tugas pun tidak lagi saya kerjakan dengan maksimal karena mengerjakan tugas sambil online. Pokoknya, sehari saja tidak membuka facebook, rasanya seperti ada yang kurang.

Hal ini sebenarnya bisa dianalogikan seprti berikut, marijuana sebenarnya tidak akan merusak tubuh seseorang yang mengkonsumsinya sesuai dosis. Namun, apabila penggunaanya sudah diluar batas, maka penggunanya akan kecanduan dan apabila dia tidak mengkonsumsinya dalam sehari saja, tubuhnya akan merasa gelisah, tidak tenang dan pastinya akan berusaha mencari cara agar mendapatkan barang tersebut.

Demikian halnya dengan yang saya alami. Saya telah menjadi salah satu pecandu internet yang lebih suka menghabiskan waktu di depan komputer online, update status di facebook daripada belajar, membaca buku atau diskusi dengan teman seputar pelajaran karena haram bagi saya jika tidak meng update status di facebook.

Seperti halnya pecandu marijuana, saya juga akan mencari-cari waktu bahkan menciptakan waktu yang seharusnya diisi dengan waktu belajar menjadi waktu online di facebook. Kecanduan ini tentunya sangat berpengaruh terhadap prestasi dan minat belajar saya. Saya yang dulunya belum mengenal facebook mempersiapkan materi pelajaran dimalam sebelum ke sekolah, lambat laun berubah menjadi seorang yang hampir tidak pernah belajar di malam hari, kecuali jika ada tugas setelah mengenal dan mempunyai akun facebook.

Tidak hanya facebook, youtube juga merupakan situs langganan saya yang selalu saya akses bersamaan dengan facebook. Bukannya mendownload video-video pendidikan, melainkan video klip lagu-lagu kesukaan saya. Hadirnya youtube juga membuat saya betah berlama-lama di warnet.

Sekarang saya sudah mempunyai akun di blog, semoga saya dapat memanfaatkan blog ini dengan untuk menambah ilmu pengetahuan.

DAFTAR PUSTAKA

Santrock, W. John (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Penulis : Ori Sanri Sidabutar (091301041)

Tanggal : 11 Februari 2010

Tidak ada komentar: